Minggu, 18 Januari 2015

Menambah Wawasan Tentang PT Waskita Karya (persero) Tbk




PT Waskita Karya (Persero) Tbk

Didirikan pada 1 Januari 1961 Waskita Karya adalah salah satu BUMN terkemuka di Indonesia yang memainkan peran utama dalam pembangunan negara. Berasal dari sebuah perusahaan Belanda bernama "Volker Maatschappij NV Aannemings", yang diambil alih berdasarkan Keputusan Pemerintah No.62/1961, Waskita Karya semula berpartisipasi dalam perkembangan air yang terkait termasuk reklamasi, pengerukan pelabuhan, dan irigasi.

Perusahaan mulai mengembangkan usahanya sebagai kontraktor umum terlibat dalam jangkauan yang lebih luas dalam kegiatan konstruksi termasuk jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandara, bangunan, tanaman pembuangan limbah, pabrik semen, pabrik, fasilitas industri lainnya dan berbagai proyek yang melibatkan teknologi canggih. Transfer teknologi dilakukan melalui aliansi bisnis dalam bentuk operasi bersama dan joint venture dengan perusahaan asing terkemuka.

Kinerja dalam pembangunan jembatan beton bentang panjang dengan menggunakan sistem kantilever bebas dan berhasil menyelesaikan tiga jembatan: Raja Mandala, Rantau Berangin, dan Barelang IV. Prestasi besar menggunakan teknologi serupa terbentuk dalam pembangunan jalan layang "Pasteur-Cikapayang-Surapati" dan jembatan cable stayed di Bandung. Kisah sukses yang sama juga dicapai dalam pembangunan bendungan besar beberapa seperti Pondok, Grogkak, Tilong., Gapit, dan Sumi, yang telah selesai lebih cepat dari jadwal dengan kualitas memuaskan.



TIPE DAN BENTUK ORGANISASI

Tipe organisasi yang di pakai dalam PT Waskita Karya adalah tipe kerucut dengan mempunyai kewenangan yang banyak dikarenakan jumlah kesatuan bagian / divisi banyak, rentang pengendalian dari suatu perusahaan sempit , pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang dapay dilakukan sampai kepada pejabat atau pimpinan bawah, jarak antara pimpinan tuingkat atas dengan pimpinan  tingkat bawah jauh.

Bentuk dari organisasi PT Waskita Karya ini dalam segi hubungan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan. Dalam bentuk tanggung jawab yang ada adalah upaya selalu mengutamakan kualitas terdepan apa pun telah memungkinkan Waskita dalam memperoleh sertifikasi ISO 9002:1994 pada bulan November 1995; yang menjadi pengakuan internasional meyakinkan tentang Sistem Manajemen Mutu ISO dilaksanakan oleh perusahaan dan titik awal menuju era global kompetisi. Pada bulan Juni 2003, Waskita telah berhasil memperbarui Sistem Manajemen Mutu dan mampu mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000. Ini menjadi indikasi yang kuat tentang bagaimana perusahaan memahami dan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan.

PT Waskita Karya dalam perusahannya membentuk Organisasi Lini &Staff yang merupakan kombinasi dari organisasi lini, dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran, data informasi yang dibutuhkan. Dengan dicirikan hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung, pucuk pimpinan hanya satu orang dibantu staff, jumlah karyawan banyak,dan organisasi besar yang bersifat komplek


STRUKTUR DAN SKEMA ORGANISASI





Struktur organisasi bisa didefinisikan merupakan salah satu mekanisme-mekanisme secara formal tentang pengolahan dari pengertian organisasi itu sendiri. Struktur organisasi mencakup unsur-unsur seperti spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi  pembuatan struktur organisasi :
·         Strategi organisasi pencapaian tujuan.
·         Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output akan membedakan bentuk struktur organisasi.
·   Kemampuan dan cara berpikir para anggota serta kebutuhan mereka juga lingkungan sekitarnya perlu dipertimbangkan dalam penyusunan struktur  perusahaan.
·         Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.

Struktur yang di pakai dalam PT Waskita Karya adalah Struktur Organisasi Garis Dan Staf Seperti namanya, struktur organisasi ini merupakan metode kombinasi yang di kembangkan oleh Harrington Emerson. Pada umumnya banyak digunakan  pada organisasi yang besar, dengan bidang tugas yang beragam dan jumlah karyawan yang banyak sehingga pimpinan tidak bisa bekerja sendiri, tapi memerlukan bantuan staf. Staf disini merupakan orang yang ahli dalam bidang tertentu untuk memberikan nasihat pada pimpinan pada bidang tersebut.

Dengan berpedoman pada hal tersebut di atas, maka struktur organisasi yang  paling tepat untuk digunakan adalah sistem Garis dan Staf. Pada sistem ini, garis kekuasaan pada pembagian kerja lebih sederhana dan praktis dimana seorang karyawan hanya akan bertanggung jawab kepada seorang atasan saja.

Konflik

Tak jarang di dalam suatu perusahaan pastinya adanya segalanya macam interaksi pertentangan antara internal ataupun eksternal. Pada tanggal 01 Desember 2014 terjadi konflik dalam kasus wisma atlet palembang, KPK memanggil petinggi Waskita dalam pemeriksaan untuk melengkapi berkas dari perkara tersebut. Konflik disini terjadi adalah konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan ( Intrasender conflict). Sumber dari konflik ini adalah gaya dari suatu kepemimpinan atau pekerjaan individual itu sendiri dengan adanya Salah pengertian, informasi/berita yang tidak dikomunikasikan secara lengkap/utuh dapat  menimbulkan konflik. Informasi yang lengkap dan jelas tetapi tidak disampaikan tepat waktu  juga dapat menimbulkan konflik. Dari sisi penerima informasi/pesan, semua pesan telah diterima secara komplit/utuh, jelas, tepat waktu, tetapi salah dalam memahami dan menterjemahkan informasi yang diterima tersebut.
Strategi penyelesaian konflik yang di pakai adalah menang – menang dengan adanya bukti yang kuat dan prosedur yang diikuti dengan baik maka mendakat kan hasil yang diharapkan.

Motivasi di dalam PT Waskita Karya yang di bangun adalah mendorong keingginan individual suatu pekerjanya dalan bentuk motivasi fisiologis mapun psikologis untuk dapat melakukan kegiatan yang sudah standar dari peraturan pekerjaan di dalam perusaahan untuk mencapai tujuan dari visi dan misi perusahaan.

Teori motivasi yang dipakai dalamm perusahaan ini ada teori yang menurut herzberg tentang adanya dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (job satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasaan kerja (job dissatisfier) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan satisfier debar motivator dan dissatifiers yang dapat disebut faktor- faktor higenis.

Kesimpulan


Sesuai dengan visi menjadi perusahaan Indonesia terkemuka di bidang industry konstruksi, rekayasa, investasi, infrastruktur dan realty, maka PT Waskita Karya (Persero) Tbk memiliki komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan berpedoman pada prinsip BMW (Biaya Hemat, Mutu Akurat, dan Waktu Tepat). Dengan didukung oleh SDM yang kompeten, sistem dan teknologi terintegrasi, sinergi dengan mitra usaha, inovasi, serta diversifikasi usaha, maka perusahaan bertekad menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah dan memenuhi harapan pengguna jasa.
Konflik merupakan realita hidup, mau tidak mau, suka atau tidak, cepat atau lambat pada suatu saat dalam menjalani kehidupannya di dalam perusahaan orang pasti akan menghadapinya hanya saja tergantung besar kecilnya tingkat konflik yang dihadapi. Ada dasarnya konflik memiliki dua sisi yang berbeda, di satu sisi konflik bisa bermanfaat secara positif, tetapi pada sisi lain juga membawa dampak negatif baik bagi orang- orang yang berkonflik maupun organisasi secara luas.

Sumber :


3 komentar:

  1. Selamat siang Bapak/Ibu sebagai pimpinan PT Hutama Karya. Mohon izin saya ingin menyampaikan masalah kasus saya ini yang berhubungan dengan karyawan Bapak/Ibu. Mohon dengan hormat Bapak/Ibu pimpinan untuk memanggil karyawan tersebut dan mempertanggungjawabkan mengenai masalah "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA-ADHI-HUTAMA JO, Nusa Dua Ngurahrai-Benoa Paket 3, yang ditujukan kepada karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai selaku General Superintendant) dan juga sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" ini dibuat oleh dan atas permintaan PT Mortar Mutu Bangunan (sebagai sub kontraktor Bapak Sumono) dengan Surat Perjanjian No : SPP/SB/008/V/2012, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Sumono dan karyawan Bapak/ Ibu, Bapak Nyoman Sujaya ( selaku General Superintendant ). Agar pembayaran ditransfer ke rekening tersebut dibawah ini,
    "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN" :
    Bank : Bank Mandiri, cabang Pahlawan Revolusi (Pondok Bambu)
    A/C : 006000 5034 057
    Atas nama : L. Dorcis Parmenas
    Ternyata sampai sekarang, saya tunggu-tunggu sudah mencapai 4 (empat) tahun lebih tidak ada PEMBAYARAN proyek sama sekali yang masuk ke Rekening saya (tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening saya). Padahal sudah dibuat "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk proyek jalan Tol di Bali (WIKA-ADHI-HUTAMA JO) oleh Bapak Sumono ke karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai Direkturnya) dan sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. Pekerjaan proyek Jalan Tol di BALI sudah selesai dan sudah diresmikan, uang saya sama sekali BELUM DIBAYAR/DITRANSFER sesuai dengan "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN". Jadi saya mohon dengan hormat kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Hutama Karya, tolong masalah kasus saya ini dibantu. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Nb :
    -SAYA MEMPUNYAI BUKTI, " SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN ", YANG DITUJUKKAN KEPADA KARYAWAN BAPAK/ IBU, BAPAK NYOMAN SUJAYA.
    -MENURUT DUGAAN SAYA, JANGAN-JANGAN PROYEK JALAN TOL DI BALI DI MANFAATKAN OLEH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN KEMANA- MANA, SELAIN SAYA KENA DITIPU MUNGKIN ADA ORANG LAIN LAGI YANG JUGA KENA TERTIPU.
    -MOHON KASUS SAYA DITANGGAPI OLEH BAPAK/IBU PIMPINAN PT.HUTAMA KARYA.
    -UNTUK MENJAGA NAMA BAIK PT. HUTAMA KARYA, SAYA MOHON KEPADA BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA AGAR MEMANGGIL KARYAWAN BAPAK/IBU TERSEBUT UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN.
    -SEBAB KASUS INI SUDAH SAYA LAPORKAN KE JALUR HUKUM DAN SUDAH BEREDAR KEMANA-MANA.
    -SAYA MOHON KABAR DARI BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA.
    -KARYAWAN BAPAK/IBU ADA YANG BEKERJA SAMA DENGAN SUB KONTRAKTOR UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN.

    BalasHapus
  2. Selamat siang Bapak/Ibu sebagai pimpinan PT Hutama Karya. Mohon izin saya ingin menyampaikan masalah kasus saya ini yang berhubungan dengan karyawan Bapak/Ibu. Mohon dengan hormat Bapak/Ibu pimpinan untuk memanggil karyawan tersebut dan mempertanggungjawabkan mengenai masalah "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA-ADHI-HUTAMA JO, Nusa Dua Ngurahrai-Benoa Paket 3, yang ditujukan kepada karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai selaku General Superintendant) dan juga sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" ini dibuat oleh dan atas permintaan PT Mortar Mutu Bangunan (sebagai sub kontraktor Bapak Sumono) dengan Surat Perjanjian No : SPP/SB/008/V/2012, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Sumono dan karyawan Bapak/ Ibu, Bapak Nyoman Sujaya ( selaku General Superintendant ). Agar pembayaran ditransfer ke rekening tersebut dibawah ini,
    "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN" :
    Bank : Bank Mandiri, cabang Pahlawan Revolusi (Pondok Bambu)
    A/C : 006000 5034 057
    Atas nama : L. Dorcis Parmenas
    Ternyata sampai sekarang, saya tunggu-tunggu sudah mencapai 4 (empat) tahun lebih tidak ada PEMBAYARAN proyek sama sekali yang masuk ke Rekening saya (tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening saya). Padahal sudah dibuat "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk proyek jalan Tol di Bali (WIKA-ADHI-HUTAMA JO) oleh Bapak Sumono ke karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai Direkturnya) dan sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. Pekerjaan proyek Jalan Tol di BALI sudah selesai dan sudah diresmikan, uang saya sama sekali BELUM DIBAYAR/DITRANSFER sesuai dengan "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN". Jadi saya mohon dengan hormat kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Hutama Karya, tolong masalah kasus saya ini dibantu. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Nb :
    -SAYA MEMPUNYAI BUKTI, " SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN ", YANG DITUJUKKAN KEPADA KARYAWAN BAPAK/ IBU, BAPAK NYOMAN SUJAYA.
    -MENURUT DUGAAN SAYA, JANGAN-JANGAN PROYEK JALAN TOL DI BALI DI MANFAATKAN OLEH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN KEMANA- MANA, SELAIN SAYA KENA DITIPU MUNGKIN ADA ORANG LAIN LAGI YANG JUGA KENA TERTIPU.
    -MOHON KASUS SAYA DITANGGAPI OLEH BAPAK/IBU PIMPINAN PT.HUTAMA KARYA.
    -UNTUK MENJAGA NAMA BAIK PT. HUTAMA KARYA, SAYA MOHON KEPADA BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA AGAR MEMANGGIL KARYAWAN BAPAK/IBU TERSEBUT UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN.
    -SEBAB KASUS INI SUDAH SAYA LAPORKAN KE JALUR HUKUM DAN SUDAH BEREDAR KEMANA-MANA.
    -SAYA MOHON KABAR DARI BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA.
    -KARYAWAN BAPAK/IBU ADA YANG BEKERJA SAMA DENGAN SUB KONTRAKTOR UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN.

    BalasHapus
  3. Selamat siang Bapak/Ibu sebagai pimpinan PT Hutama Karya. Mohon izin saya ingin menyampaikan masalah kasus saya ini yang berhubungan dengan karyawan Bapak/Ibu. Mohon dengan hormat Bapak/Ibu pimpinan untuk memanggil karyawan tersebut dan mempertanggungjawabkan mengenai masalah "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA-ADHI-HUTAMA JO, Nusa Dua Ngurahrai-Benoa Paket 3, yang ditujukan kepada karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai selaku General Superintendant) dan juga sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" ini dibuat oleh dan atas permintaan PT Mortar Mutu Bangunan (sebagai sub kontraktor Bapak Sumono) dengan Surat Perjanjian No : SPP/SB/008/V/2012, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Sumono dan karyawan Bapak/ Ibu, Bapak Nyoman Sujaya ( selaku General Superintendant ). Agar pembayaran ditransfer ke rekening tersebut dibawah ini,
    "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN" :
    Bank : Bank Mandiri, cabang Pahlawan Revolusi (Pondok Bambu)
    A/C : 006000 5034 057
    Atas nama : L. Dorcis Parmenas
    Ternyata sampai sekarang, saya tunggu-tunggu sudah mencapai 4 (empat) tahun lebih tidak ada PEMBAYARAN proyek sama sekali yang masuk ke Rekening saya (tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening saya). Padahal sudah dibuat "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk proyek jalan Tol di Bali (WIKA-ADHI-HUTAMA JO) oleh Bapak Sumono ke karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai Direkturnya) dan sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. Pekerjaan proyek Jalan Tol di BALI sudah selesai dan sudah diresmikan, uang saya sama sekali BELUM DIBAYAR/DITRANSFER sesuai dengan "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN". Jadi saya mohon dengan hormat kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Hutama Karya, tolong masalah kasus saya ini dibantu. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Nb :
    -SAYA MEMPUNYAI BUKTI, " SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN ", YANG DITUJUKKAN KEPADA KARYAWAN BAPAK/ IBU, BAPAK NYOMAN SUJAYA.
    -MENURUT DUGAAN SAYA, JANGAN-JANGAN PROYEK JALAN TOL DI BALI DI MANFAATKAN OLEH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN KEMANA- MANA, SELAIN SAYA KENA DITIPU MUNGKIN ADA ORANG LAIN LAGI YANG JUGA KENA TERTIPU.
    -MOHON KASUS SAYA DITANGGAPI OLEH BAPAK/IBU PIMPINAN PT.HUTAMA KARYA.
    -UNTUK MENJAGA NAMA BAIK PT. HUTAMA KARYA, SAYA MOHON KEPADA BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA AGAR MEMANGGIL KARYAWAN BAPAK/IBU TERSEBUT UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN.
    -SEBAB KASUS INI SUDAH SAYA LAPORKAN KE JALUR HUKUM DAN SUDAH BEREDAR KEMANA-MANA.
    -SAYA MOHON KABAR DARI BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA.
    -KARYAWAN BAPAK/IBU ADA YANG BEKERJA SAMA DENGAN SUB KONTRAKTOR UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN.

    BalasHapus