PT Waskita Karya (Persero) Tbk
Didirikan pada 1 Januari 1961 Waskita Karya
adalah salah satu BUMN terkemuka di Indonesia yang memainkan peran utama dalam
pembangunan negara. Berasal dari sebuah perusahaan Belanda bernama "Volker
Maatschappij NV Aannemings", yang diambil alih berdasarkan Keputusan
Pemerintah No.62/1961, Waskita Karya semula berpartisipasi dalam perkembangan
air yang terkait termasuk reklamasi, pengerukan pelabuhan, dan irigasi.
Perusahaan mulai mengembangkan usahanya
sebagai kontraktor umum terlibat dalam jangkauan yang lebih luas dalam kegiatan
konstruksi termasuk jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandara, bangunan, tanaman
pembuangan limbah, pabrik semen, pabrik, fasilitas industri lainnya dan berbagai
proyek yang melibatkan teknologi canggih. Transfer teknologi dilakukan melalui
aliansi bisnis dalam bentuk operasi bersama dan joint venture dengan perusahaan
asing terkemuka.
Kinerja dalam pembangunan jembatan beton
bentang panjang dengan menggunakan sistem kantilever bebas dan berhasil
menyelesaikan tiga jembatan: Raja Mandala, Rantau Berangin, dan Barelang IV.
Prestasi besar menggunakan teknologi serupa terbentuk dalam pembangunan jalan
layang "Pasteur-Cikapayang-Surapati" dan jembatan cable stayed di
Bandung. Kisah sukses yang sama juga dicapai dalam pembangunan bendungan besar
beberapa seperti Pondok, Grogkak, Tilong., Gapit, dan Sumi, yang telah selesai
lebih cepat dari jadwal dengan kualitas memuaskan.
TIPE DAN BENTUK ORGANISASI
Tipe organisasi yang di pakai dalam PT
Waskita Karya adalah tipe kerucut dengan mempunyai kewenangan yang banyak
dikarenakan jumlah kesatuan bagian / divisi banyak, rentang pengendalian dari
suatu perusahaan sempit , pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang dapay
dilakukan sampai kepada pejabat atau pimpinan bawah, jarak antara pimpinan tuingkat
atas dengan pimpinan tingkat bawah jauh.
Bentuk dari organisasi PT Waskita Karya ini
dalam segi hubungan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan spesifik
pelanggan. Dalam bentuk tanggung jawab yang ada adalah upaya selalu
mengutamakan kualitas terdepan apa pun telah memungkinkan Waskita dalam
memperoleh sertifikasi ISO 9002:1994 pada bulan November 1995; yang menjadi
pengakuan internasional meyakinkan tentang Sistem Manajemen Mutu ISO
dilaksanakan oleh perusahaan dan titik awal menuju era global kompetisi. Pada
bulan Juni 2003, Waskita telah berhasil memperbarui Sistem Manajemen Mutu dan
mampu mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000. Ini menjadi indikasi yang kuat
tentang bagaimana perusahaan memahami dan selalu berusaha untuk memenuhi
kebutuhan spesifik pelanggan.
PT Waskita Karya dalam perusahannya membentuk
Organisasi Lini &Staff yang merupakan kombinasi dari organisasi lini, dipertahankan
tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff
berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran, data informasi yang
dibutuhkan. Dengan dicirikan hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat
langsung, pucuk pimpinan hanya satu orang dibantu staff, jumlah karyawan banyak,dan
organisasi besar yang bersifat komplek
STRUKTUR DAN SKEMA ORGANISASI
Struktur organisasi bisa didefinisikan
merupakan salah satu mekanisme-mekanisme secara formal tentang pengolahan dari
pengertian organisasi itu sendiri. Struktur organisasi mencakup unsur-unsur
seperti spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau
desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja. Faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi pembuatan
struktur organisasi :
·
Strategi organisasi pencapaian tujuan.
·
Perbedaan teknologi yang digunakan untuk
memproduksi output akan membedakan bentuk struktur organisasi.
· Kemampuan dan cara berpikir para anggota
serta kebutuhan mereka juga lingkungan sekitarnya perlu dipertimbangkan dalam
penyusunan struktur perusahaan.
·
Besarnya organisasi dan satuan kerjanya
mempengaruhi struktur organisasi.
Struktur yang di pakai dalam PT Waskita Karya
adalah Struktur Organisasi Garis Dan Staf Seperti namanya, struktur organisasi
ini merupakan metode kombinasi yang di kembangkan oleh Harrington Emerson. Pada
umumnya banyak digunakan pada organisasi yang besar, dengan bidang tugas
yang beragam dan jumlah karyawan yang banyak sehingga pimpinan tidak bisa
bekerja sendiri, tapi memerlukan bantuan staf. Staf disini merupakan orang yang
ahli dalam bidang tertentu untuk memberikan nasihat pada pimpinan pada bidang
tersebut.
Dengan berpedoman pada hal tersebut di atas,
maka struktur organisasi yang paling tepat untuk digunakan adalah sistem
Garis dan Staf. Pada sistem ini, garis kekuasaan pada pembagian kerja lebih
sederhana dan praktis dimana seorang karyawan hanya akan bertanggung jawab
kepada seorang atasan saja.
Konflik
Tak jarang di dalam suatu perusahaan pastinya
adanya segalanya macam interaksi pertentangan antara internal ataupun eksternal.
Pada tanggal 01 Desember 2014 terjadi konflik dalam kasus wisma atlet
palembang, KPK memanggil petinggi Waskita dalam pemeriksaan untuk melengkapi
berkas dari perkara tersebut. Konflik disini terjadi adalah konflik yang timbul
karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan ( Intrasender conflict).
Sumber dari konflik ini adalah gaya dari suatu kepemimpinan atau pekerjaan
individual itu sendiri dengan adanya Salah pengertian, informasi/berita yang
tidak dikomunikasikan secara lengkap/utuh dapat menimbulkan konflik. Informasi yang lengkap
dan jelas tetapi tidak disampaikan tepat waktu juga dapat menimbulkan konflik. Dari sisi
penerima informasi/pesan, semua pesan telah diterima secara komplit/utuh,
jelas, tepat waktu, tetapi salah dalam memahami dan menterjemahkan informasi
yang diterima tersebut.
Strategi penyelesaian konflik yang di pakai
adalah menang – menang dengan adanya bukti yang kuat dan prosedur yang diikuti
dengan baik maka mendakat kan hasil yang diharapkan.
Motivasi di dalam PT Waskita Karya yang di
bangun adalah mendorong keingginan individual suatu pekerjanya dalan bentuk
motivasi fisiologis mapun psikologis untuk dapat melakukan kegiatan yang sudah
standar dari peraturan pekerjaan di dalam perusaahan untuk mencapai tujuan dari
visi dan misi perusahaan.
Teori motivasi yang dipakai dalamm perusahaan
ini ada teori yang menurut herzberg tentang adanya dua faktor yang mempengaruhi
motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (job satisfier)
yang berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasaan kerja (job
dissatisfier) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan satisfier debar
motivator dan dissatifiers yang dapat disebut faktor- faktor higenis.
Kesimpulan
Sesuai dengan visi
menjadi perusahaan Indonesia terkemuka di bidang industry konstruksi, rekayasa,
investasi, infrastruktur dan realty, maka PT Waskita Karya (Persero) Tbk
memiliki komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan
berpedoman pada prinsip BMW (Biaya Hemat, Mutu Akurat, dan Waktu Tepat). Dengan
didukung oleh SDM yang kompeten, sistem dan teknologi terintegrasi, sinergi
dengan mitra usaha, inovasi, serta diversifikasi usaha, maka perusahaan
bertekad menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah dan memenuhi
harapan pengguna jasa.
Konflik
merupakan realita hidup, mau tidak mau, suka atau tidak, cepat atau lambat pada
suatu saat dalam menjalani kehidupannya di dalam perusahaan orang pasti akan
menghadapinya hanya saja tergantung besar kecilnya tingkat konflik yang
dihadapi. Ada dasarnya konflik memiliki dua sisi yang berbeda, di satu sisi konflik
bisa bermanfaat secara positif, tetapi pada sisi lain juga membawa dampak
negatif baik bagi orang- orang yang berkonflik maupun organisasi secara luas.
Sumber
:
Selamat siang Bapak/Ibu sebagai pimpinan PT Hutama Karya. Mohon izin saya ingin menyampaikan masalah kasus saya ini yang berhubungan dengan karyawan Bapak/Ibu. Mohon dengan hormat Bapak/Ibu pimpinan untuk memanggil karyawan tersebut dan mempertanggungjawabkan mengenai masalah "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA-ADHI-HUTAMA JO, Nusa Dua Ngurahrai-Benoa Paket 3, yang ditujukan kepada karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai selaku General Superintendant) dan juga sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" ini dibuat oleh dan atas permintaan PT Mortar Mutu Bangunan (sebagai sub kontraktor Bapak Sumono) dengan Surat Perjanjian No : SPP/SB/008/V/2012, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Sumono dan karyawan Bapak/ Ibu, Bapak Nyoman Sujaya ( selaku General Superintendant ). Agar pembayaran ditransfer ke rekening tersebut dibawah ini,
BalasHapus"SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN" :
Bank : Bank Mandiri, cabang Pahlawan Revolusi (Pondok Bambu)
A/C : 006000 5034 057
Atas nama : L. Dorcis Parmenas
Ternyata sampai sekarang, saya tunggu-tunggu sudah mencapai 4 (empat) tahun lebih tidak ada PEMBAYARAN proyek sama sekali yang masuk ke Rekening saya (tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening saya). Padahal sudah dibuat "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk proyek jalan Tol di Bali (WIKA-ADHI-HUTAMA JO) oleh Bapak Sumono ke karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai Direkturnya) dan sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. Pekerjaan proyek Jalan Tol di BALI sudah selesai dan sudah diresmikan, uang saya sama sekali BELUM DIBAYAR/DITRANSFER sesuai dengan "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN". Jadi saya mohon dengan hormat kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Hutama Karya, tolong masalah kasus saya ini dibantu. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Nb :
-SAYA MEMPUNYAI BUKTI, " SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN ", YANG DITUJUKKAN KEPADA KARYAWAN BAPAK/ IBU, BAPAK NYOMAN SUJAYA.
-MENURUT DUGAAN SAYA, JANGAN-JANGAN PROYEK JALAN TOL DI BALI DI MANFAATKAN OLEH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN KEMANA- MANA, SELAIN SAYA KENA DITIPU MUNGKIN ADA ORANG LAIN LAGI YANG JUGA KENA TERTIPU.
-MOHON KASUS SAYA DITANGGAPI OLEH BAPAK/IBU PIMPINAN PT.HUTAMA KARYA.
-UNTUK MENJAGA NAMA BAIK PT. HUTAMA KARYA, SAYA MOHON KEPADA BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA AGAR MEMANGGIL KARYAWAN BAPAK/IBU TERSEBUT UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN.
-SEBAB KASUS INI SUDAH SAYA LAPORKAN KE JALUR HUKUM DAN SUDAH BEREDAR KEMANA-MANA.
-SAYA MOHON KABAR DARI BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA.
-KARYAWAN BAPAK/IBU ADA YANG BEKERJA SAMA DENGAN SUB KONTRAKTOR UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN.
Selamat siang Bapak/Ibu sebagai pimpinan PT Hutama Karya. Mohon izin saya ingin menyampaikan masalah kasus saya ini yang berhubungan dengan karyawan Bapak/Ibu. Mohon dengan hormat Bapak/Ibu pimpinan untuk memanggil karyawan tersebut dan mempertanggungjawabkan mengenai masalah "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA-ADHI-HUTAMA JO, Nusa Dua Ngurahrai-Benoa Paket 3, yang ditujukan kepada karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai selaku General Superintendant) dan juga sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" ini dibuat oleh dan atas permintaan PT Mortar Mutu Bangunan (sebagai sub kontraktor Bapak Sumono) dengan Surat Perjanjian No : SPP/SB/008/V/2012, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Sumono dan karyawan Bapak/ Ibu, Bapak Nyoman Sujaya ( selaku General Superintendant ). Agar pembayaran ditransfer ke rekening tersebut dibawah ini,
BalasHapus"SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN" :
Bank : Bank Mandiri, cabang Pahlawan Revolusi (Pondok Bambu)
A/C : 006000 5034 057
Atas nama : L. Dorcis Parmenas
Ternyata sampai sekarang, saya tunggu-tunggu sudah mencapai 4 (empat) tahun lebih tidak ada PEMBAYARAN proyek sama sekali yang masuk ke Rekening saya (tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening saya). Padahal sudah dibuat "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk proyek jalan Tol di Bali (WIKA-ADHI-HUTAMA JO) oleh Bapak Sumono ke karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai Direkturnya) dan sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. Pekerjaan proyek Jalan Tol di BALI sudah selesai dan sudah diresmikan, uang saya sama sekali BELUM DIBAYAR/DITRANSFER sesuai dengan "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN". Jadi saya mohon dengan hormat kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Hutama Karya, tolong masalah kasus saya ini dibantu. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Nb :
-SAYA MEMPUNYAI BUKTI, " SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN ", YANG DITUJUKKAN KEPADA KARYAWAN BAPAK/ IBU, BAPAK NYOMAN SUJAYA.
-MENURUT DUGAAN SAYA, JANGAN-JANGAN PROYEK JALAN TOL DI BALI DI MANFAATKAN OLEH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN KEMANA- MANA, SELAIN SAYA KENA DITIPU MUNGKIN ADA ORANG LAIN LAGI YANG JUGA KENA TERTIPU.
-MOHON KASUS SAYA DITANGGAPI OLEH BAPAK/IBU PIMPINAN PT.HUTAMA KARYA.
-UNTUK MENJAGA NAMA BAIK PT. HUTAMA KARYA, SAYA MOHON KEPADA BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA AGAR MEMANGGIL KARYAWAN BAPAK/IBU TERSEBUT UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN.
-SEBAB KASUS INI SUDAH SAYA LAPORKAN KE JALUR HUKUM DAN SUDAH BEREDAR KEMANA-MANA.
-SAYA MOHON KABAR DARI BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA.
-KARYAWAN BAPAK/IBU ADA YANG BEKERJA SAMA DENGAN SUB KONTRAKTOR UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN.
Selamat siang Bapak/Ibu sebagai pimpinan PT Hutama Karya. Mohon izin saya ingin menyampaikan masalah kasus saya ini yang berhubungan dengan karyawan Bapak/Ibu. Mohon dengan hormat Bapak/Ibu pimpinan untuk memanggil karyawan tersebut dan mempertanggungjawabkan mengenai masalah "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA-ADHI-HUTAMA JO, Nusa Dua Ngurahrai-Benoa Paket 3, yang ditujukan kepada karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai selaku General Superintendant) dan juga sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" ini dibuat oleh dan atas permintaan PT Mortar Mutu Bangunan (sebagai sub kontraktor Bapak Sumono) dengan Surat Perjanjian No : SPP/SB/008/V/2012, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Sumono dan karyawan Bapak/ Ibu, Bapak Nyoman Sujaya ( selaku General Superintendant ). Agar pembayaran ditransfer ke rekening tersebut dibawah ini,
BalasHapus"SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN" :
Bank : Bank Mandiri, cabang Pahlawan Revolusi (Pondok Bambu)
A/C : 006000 5034 057
Atas nama : L. Dorcis Parmenas
Ternyata sampai sekarang, saya tunggu-tunggu sudah mencapai 4 (empat) tahun lebih tidak ada PEMBAYARAN proyek sama sekali yang masuk ke Rekening saya (tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening saya). Padahal sudah dibuat "SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN" untuk proyek jalan Tol di Bali (WIKA-ADHI-HUTAMA JO) oleh Bapak Sumono ke karyawan Bapak/Ibu, Bapak Nyoman Sujaya (sebagai Direkturnya) dan sudah ditanda tangani oleh beliau sendiri. Pekerjaan proyek Jalan Tol di BALI sudah selesai dan sudah diresmikan, uang saya sama sekali BELUM DIBAYAR/DITRANSFER sesuai dengan "SURAT PERIHAL PERUBAHAN PEMBAYARAN". Jadi saya mohon dengan hormat kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Hutama Karya, tolong masalah kasus saya ini dibantu. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Nb :
-SAYA MEMPUNYAI BUKTI, " SURAT PERUBAHAN PEMBAYARAN ", YANG DITUJUKKAN KEPADA KARYAWAN BAPAK/ IBU, BAPAK NYOMAN SUJAYA.
-MENURUT DUGAAN SAYA, JANGAN-JANGAN PROYEK JALAN TOL DI BALI DI MANFAATKAN OLEH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN KEMANA- MANA, SELAIN SAYA KENA DITIPU MUNGKIN ADA ORANG LAIN LAGI YANG JUGA KENA TERTIPU.
-MOHON KASUS SAYA DITANGGAPI OLEH BAPAK/IBU PIMPINAN PT.HUTAMA KARYA.
-UNTUK MENJAGA NAMA BAIK PT. HUTAMA KARYA, SAYA MOHON KEPADA BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA AGAR MEMANGGIL KARYAWAN BAPAK/IBU TERSEBUT UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN.
-SEBAB KASUS INI SUDAH SAYA LAPORKAN KE JALUR HUKUM DAN SUDAH BEREDAR KEMANA-MANA.
-SAYA MOHON KABAR DARI BAPAK/IBU PIMPINAN PT. HUTAMA KARYA.
-KARYAWAN BAPAK/IBU ADA YANG BEKERJA SAMA DENGAN SUB KONTRAKTOR UNTUK MELAKUKAN PENIPUAN.